Senin, November 29, 2010
Image Hosted by ImageShack.us
Akhirnya, Azwa cukup umur untuk pergi ke Negara KidZania... akhirnya udah masuk batas minimum bisa bersenang-senang di kota kecil yang selalu malam hari, mau diluar siang-sore atau malam beneran :-D

Untuk kado ultah ke 4, azwa boleh main-main di KZ. dan kayaknya umur segituan deh baru cocok dan cucuk dibawa main peran disana. Soalnya semua permainan yang ada adalah role-play, bermain "aku adalah seorang..."

Banyak banget profesi yang bisa diperankan, mulai dari tukang semir sepatu sampe CSI alias ResKrim (bener ga sih, crime scene investigation tuh reskrim?).

Azwa kita ajak ikutan sesi pertama mulai jam 9-14 wib. Kirain deh 5 jam tuh luama dan bisa jadi macem-macem, ternyata... Cuman main 5 peran aja lho... Cape ngantri dan kecewa, karena beberapa peran yg diinginkan belom bisa dimainin karena belom cukup umur.

Tapi sebetulnya permainan untuk anak 4th sih banyak! Di lantai bawah bisa bikin SIM, ATM, belanja, wall climbing, marching band, fashion school, burger making, jadi pulisi *uhuk*, jadi operator HP, petugas pemadam kebakaran, scientist, dubber, researcher, pembuat roti, pembuat pizza, dll. Dilantai 2 ada pabrik nugget, farmasi, pabrik teh, pabrik coklat, kumon, tempat disko, pabrik mie, susu, eskrim, internet, apalagi ya.... belom semuanya kesentuh karena sibuk (nungguin anak) ngantre.


Azwa pertama kali menuju booth pembuat pizza, karena ngantri dan nunggunya lama jadi kita menuju tempat jadi petugas cat tembok :-D. Seneng dia, wong di rumah kerjaannya nggambarin tembok. Dia dikasih kuas dan cat warna pink. Tekun banget ngecat satu bidang ama 'temen' satu profesinya.. Nyahahaha.. Mayan, dapet gaji 20 kidzos.
Image Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.us

Peran kedua, peran yang paling diminati dan paling berisik walo bayarannya dikit: Fire Fighter alias petugas Pemadam Kebakaran. Asli, ini peran paling rame sepertinya. Kakak pengasuhnya semangat dan anak-anak demen karena (menurut saya) pakaiannya lucu, bisa naek mobil pemadam kebakaran yg imut (dan berisik), plus main air!
Image Hosted by ImageShack.us

Liat aja ngantrenya... Dia harus nunggu 30menit sebelum akhirnya 'diterima' kerja :-D.. Nggak di dunia nyata, ga di dunia mainan.. hidup harus berjuang ya... Demi gaji dikit asal hati senang mah gapapa. Cuma dapet gaji 1 Kidzos lho disini! Hahahhaaaaa...! Tapi Azwa keliatan hepi banget..

Image Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.us

Berikutnya, Azwa jadi tukang cokelat. Sayang banget karena mesinnya rusak, yang kerja hari itu ga dapet hasil kerjanya alias coklatnya.
Image Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.us


Trus, peran ke empat adalah peran yang paling cocok sama dia sejauh ini : Dancer! nyahahahaa... Jadi dia masuk ke ruang disko ajeb-ajeb, dan joget-joget pake lagu favoritnya.. Bad Romance Lady Gaga dannnnnn.. Oh beybeh..beybeh..beybeh.. Oohhh.. Halah... Tapi gajinya lebih banyak dari Pemadam kebakaran :D 10 Kidzos!



terakhir, Az jadi dokter gigi! Hihihi... Diajarin cara sikat gigi yang benar, dikasitau kenapa harus sikat gigi, dan 'meriksa' pasien berupa boneka mangap yang giginya bolong :D dapet gaji 10 Kidzos!

Image Hosted by ImageShack.usImage Hosted by ImageShack.us

setelah itu kita makan siang, nyebelinnya disana ternyata berlaku 2 mata uang. Kalo makan atau beli snack dan minum tetep aja harus pake rupiah. Ga bisa pake kidzos. Sedangkan karena sibuk ngantre, Az jadi ga sempet spending uangnya kemana-mana. Soalnya kalo mau main suatu peran ya harus anaknya yg ngantre. Kalopun mau ngabisin duit bisa naik taksi atau bus. Tapi ngapain juga wong dia lebih seneng jalan...

Jadi, kesimpulan saya... Mending ke KZ pas hari kerja, bukan pas wiken. Sesinya lebih lama, ngantrenya lebih pendek karena (mungkin..harapannya) ga banyak yang datang kesana. Jadi banyak peran yg bisa dimainkan.
Trus, kalo anaknya masih dibawah 4 tahun mah percuma dibawa kesana. Pasti nggak enjoy dan kalo mau itungan mah ya rugi. Wong disana niatnya kan mengenalkan berbagai profesi dan edukasi, lah kalo dibawah 4 tahun paling cuman naik taksi, jalan-jalan, lihat theater, ikutan marching band, naik bus. Belom kalo disuruh ngantre. Anak dibawah 4 tahun mana ngerti dan belum mau disuruh berdiri atau gelesotan ngantre, orang tua juga ga boleh ngantre-in anaknya lho. Ya walaupun dibawah 2 tahun emang gratis masuknya, bapak ibunya tetep aja bayar. Dan nggak bisa ngapa-ngapain. Muter-muter kota yang cuman seumprit. Jadi bapak-ibunya deh yang sekarang bermain peran: Peran Baby Sitter :-D dan ga digaji pake Kidzos.. hehehe…

Mending buat maen di playground beneran lah... Ketauan anaknya hepi :-D

Paling pas menurutku, kalo anaknya udah usia SD. 6-8 tahun gitu deh. Udah ngerti dan bisa enjoy bener-bener, plus bisa ditinggal ortu. Saya rasa pengamanannya OK kok. Anak dikasi gelang pengaman yang hanya bisa dicopot di kantor 'imigrasi'. Dan kalo belom ada orang tua/orang dewasa yang jemput ya ga boleh keluar dan petugas imigrasi akan menghubungi orang tua/orang dewasa yg mengantar.

Image Hosted by ImageShack.us

Kalopun kita nungguin dan kehilangan si anak di kota kidzania, bisa gampang dicari. Katanya sih gelang pengaman yang kita pake punya transmisi yang sama dengan gelang anak kita. Jadi petugas keamanan bisa ngelacak dengan gampang. Kewl!

Satu lagi, saya terkesan dengan duit-duitan Kidzania… Kidzos bebentuk uang kertas ini kalo dipegang cetakannya rasanya persis seperti cetakan intaglio di uang sungguhan! Dan baunya pun persis uang baru sungguhan!!

Image Hosted by ImageShack.us

Ohya, kalo memang niatnya mendokumentasikan dengan OK. Harus bawa kamera digital atau DSLR sekalian. Karena suasananya gelap, kalo pake kamera HP biasa jadinya ya seperti yang ada di post ini… seadanya banget (-_-)

Jadi kesimpulan saya, Kidzania menyenangkan………buat anak yang udah besar dan mandiri. Bukan tempat senang-senang sekeluarga karena cuman orang dibawah 17 tahun yang bisa menikmati (baca:bermain peran).

Teteup sih... DUFAN is the best... Nyahahhaaaa...! Ayo Azwa, tahun depan kita ke DUFAN ajyaaaa... :-D

ohya satu lagi... ada lho kantor Pajak di Kidzania.... ga tau bisa ngapain disana, semoga nggak diajarin supaya bisa jadi GAYUS! mwahahha...

Image Hosted by ImageShack.us

info lebih lengkap soal tarif dll bisa cek ke : http://www.kidzania.co.id
Jumat, November 26, 2010

Hahaha... itu yang saya tulis kemarin di twitter dan FB status..

"Kalo 4 tahun yang lalu saya nggak melahirkan Azwa, saya nggak mungkin seperti sekarang...berlemak lebih namun tetap berbahagia! :D"

Jadi, karena 3 kali ultah yang lalu emaknya selalu dikasih-pesan-pesan kueh ultah. Kali ini saya niat banget pengen bikin sendiri.

Dan karena baruuu kali ini mau dirayain bersama-sama teman-teman, otomatis jadi mikir mau dikasih makanan dan treats apa buat anak-anak kecil di kelas bermainnya.

Oke, yang terpikir: Makannya dibikinin ala bento Jepang, treats-nya bikin yang manis dan bertema Confetti! alias warna-warni meriah kecil-kecil rame *apa coba*

Jadilah, isi treats dicicil dari bulan lalu. Bikin Confetti Bar, Confetti Stick, dan Confetti Biscuit. Yang terakhir, saya cuman sekali bikin... sisanya diserahkan ke temen saya yang jago bikin kukis cemilan anak. Saya bermasalah dengan baking from scratch.... Males ngadonin, nyetakin, nungguin dipanggang.. huek.. panasssssssssss... Sudah lah, serahkan pada yang berwajib saja :D

Nah, isi bento-nya dari awal saya sketsa sih begini:
kira-kira isinya : nasi gurih ijo (brokoli), nasi gurih dikasi pewarna makanan biru, trus dikasi gambar anak kecil cewek (ceritanya Azwa), trus lauknya Ayam Tulip dan Sosis Bulaf aja. Berhubung ayam tulip lumayan PR bikinnya, si ayam udah mulai dicicil dari awal bulan. Dan sukses habis melulu karena digorengin terus buat lauk sama mahluk-mahluk lapar di rumah.. huahahhaha..






Lha realisasinya? Ternyata bikin bento itu bikin juling mata dan pegel leher. Pantesan kalo pesan bento model kyara-bento minimal harganya 25 rebu untuk lauk simpel.

Dari malem saya bikin Nasi Gurih Ijo Brokoli, dan mengurungkan bikin nasi biru.. karena kok rada serem ya ngebayangin liat nasi warna biru. Motongin sosis jadi bentuk kepiting, bunga dan pinguin. Ngerebusin pasta buat gambar "anak cewek", rebus brokoli dan wortel untuk sayurnya,
tidur jam 11 malem dan bangun jam 3.30 buat mulai natain, dan nyetakin semuanya buat disusun di bento.

Nasinya kuraaaang pulak, hadohhh... karena lama nyusunnya, motonginnya, sampe mulai datang
semuttt.. wakkkss! Tapi akhirnya jadi juga, 25 kyara-bento yang dibikin selama 5 JAM! itupun pake dibantu sama pembantu. Kalo enggak.. ga ngerti.. mana harus manggang dan natain muffin dan nyelesein froyo cakes untuk treats guru-guru *dan gak sempet difoto pulak tu froyo*

Tapi yang bikin hepi *walo sama sekali ga ngilangin mumet dan pegel setelahnya*, anak-anak kelas bermain SENANG dan LAHAP makannya :-D

Kyara Bento: Suksessss!!!

Nahhhh.. yang seru, proses memantapkan hati mau bikin apa buat "kue ultah"nya... Sempet kepikiran bikin lapisan pastry yang dipanggang trus diselang seling sama adonan cheesecake. Tapi ide itu menguap gitu aja... makin deket ke hari H makin labil... Bingung banget mau bikin apa, yang pasti ga beli lilin karena di sekolah ga boleh tiup lilin.

Sempet googling untuk Croqembouche, trus urung karena kebayang males banget bikinnya, ngaduk adonan susnya.. bleh... Mau bikin cake, tapi tetep muales kalo suruh nyampur bahan-bahan, nimbang nakar aduk dll. Takut bantat, beneran deh, saya mah ga bakat ngebaking. mending disuruh masak daripada baking....

Sampe akhirnya saya menemukan Zimuffin!!! *gaya lebay announcer adlibs* Hahahhahahahaaaa!!!! walahhhhh... ternyata ada lohhh tepung buat bikin muffin dan cake yang simpel banget dan enak! Dan kata si mbak yang di toko Puspita itu, banyak tukang cupcake yang pake tepung ini buat bikin cupcakenya. Idihhhhhhhhhhhh... kirain mereka itu baking from scratch.. taunya..

Dan saya pun membulatkan tekad untuk bikin semacam croqembouche tapi dari muffin mini. Tapi ya gitu deh, dasar emak labil... kok males ya nempel-nempelin muffin kecil-kecil pakek coklat cair gitu. iya kalo jadi? kalo enggak?

Dan akhirnya.... kepikiran bikin semacam penipuan buat anak-anak... kalo muffin biasa kan cuman manis dan gula doang. Gimana kalo dicampur sayuran? Gimana kalo WORTEL? Macam carrot cake lah...

Frostingnya? tentu saja bukan buttercream yang manis bermentega gak sehat ituh.... Saya pake creamcheese frosting. Tetep ada gulanya sih, tapi ga sadis banyaknya kayak kalo main buttercream atau bahkan fondant *aduh*

Sebagian saya celup gitu aja di coklat cair warna-warni, trus dikasi sprinkles :-D


Dan akhirnya, si muffin mini-mini itu saya bikin pull-out cake sajah. Semua ditata, trus ditutup pake frosting cream cheese dan dihias secara amatir :-D Sekarang lagunya bukan
"Potong kuenya..potong kuenya... potong kuenya sekarang juga...", tapi jadi
"Ambil kuenya.. ambil kuenya.. ambil kuenya sekarang juuugaaaa..."

Karena emang cuman diambilin gitu aja, namanya juga Pull-Out Cake :-D
Hooooosshhhh... capek tapi senang, dan tentu... saya makin berlemak karena nithili makanan-makanan sisa-sisa di mangkok atau piring, ngambilin potongan-potongan kecil waktu motong makanan :-D

Waktu bikin yang super molor bikin nggakbisa moto-moto hasil dengan yahud... froyo cake aja ga kepotooooooooooooooo T_T

Seneng banget waktu liat ekspresi anak-anak pada jilatin kueh, pada lahap makan bento, pada seneng liat snack kecil-kecil di goodiebag, sampe ada orangtua murid yang ikut terpana ngeliat ada "Azwa di dalem kotak"..

Azwa seneng juga dapet ucapan selamat dari temen-temennya, dapet kado banyak, dan pualng sekolah dia langsung bongkar semuanya sambil sibuk ber-waw-waw-waw...Hahahhahaaa...

Kalo ditanya.. mau nggak bikin lagi taun depan? saya akan jawab... pikir-pikir dulu ah... hihihi.....

Jumat, November 12, 2010
judul diatas harus diterjemahkan secara harafiah, leterleh, apalah itu...

ewww.. i can still smell it!

Ini soal Azwa, hari ini dia kuajak ke Posyandu. Biasalah, timbang-timbang, ukur tinggi badan tapi skip imunisasi booster campak dan polio gratis karena menurut jadwal imunisasi yang aku pegang dia baru bosster lagi di umur 5 tahun. Daripada jadwal acak-acakan, mending skip aja walo diprenguti sama (kayaknya) dokter yg tugas. Kalo kenapa-kenapa mau nuntut ke siapa juga nggak ngerti.... Bukannya ga percaya ya ama Posyandu, masalahnya udah terlanjur ke dokter nihhhh.

Masalahnya sih bukan itu.. hehhe...

Jadi setelah timbang menimbang dan ukur mengukur berat badan, si ulet pisang nan lincah itu ngabur sama temennya main ke lapangan di deket posyandu. Selama masih dalam jarak pandang emaknya, dia bebas lari-lari.

10 menit kemudian, aku panggil dia... Dan tercium bau asem, busuk, nggak enak banget deh... Kayaknya dia megang sesuatu yang bau di lapangan..

Sampe rumah, tambah bauuuuuu sekali (rasanya sih..). Aku endus semua badannya... Tangannya, kakinya , bajunya, badannya... Arrrgggghhh!!

BAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUU......!!! Mau muntaaahhhh...

OMG, anakku pegang apa iniiii??

Langsuuuuuung dimandiin, disabunin pake sabun antiseptik masih bau, digosok sampe 2 kali baru ilang... Itupun rasanya sampe sekarang hidungku masih semriwing-semriwing bau nggak enak...

Setelah semua rada damai, diinterogasilah si unyil.....

Aku : Wa, tadi azwa megang apa sih di lapangan. Bau banget deh...
Wawa: Aku pegang lalet
A : *ewww* Lalet?
W : he'eh
A : laletnya banyak?
W : Iya...
A : *wah.. ini kalo nggak pegang bangkai ya kotoran binatang!* Empuk apa keras, Wa?
W : Empuk...
A : *kyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....!!!* Azwa, kalo ada lalat kumpul-kumpul banyak, berarti ada barang kotor, jorok, dan bau disana. Kayak tadi nih, tanganmu bau kan?
W : Iyaaa Ibuuuuuuuuuu.....

sigh... shit really happen

Hadeuh, kayaknya harus nempelin CCTV nih di bajunya dia.... Ya ampun ini kok baunya rasanya nggak ilang-ilang yaaa dari hiduuuungg... haduuuuhhh... Hoek....

Senin, November 08, 2010

Category:   Desserts
Style:   American
Special Consideration:   Quick and Easy
Servings:   24 Potong



Description:

Ini hasil ngecesin resepnya Martha Stewart di sini: http://www.marthastewart.com/article/confetti-squares

namanya bagus, confetti.. soalnya ada sebaran warna-warni dari frootloops yang bikin kayak confetti! *pestaaaaa*

lihat di resepnya yang bahannya banyak banget jadi ngeper mau bikin, setelah ribut nanya sana-sini nyariin dimana yang jualan marshmallow plain (putih) sereal FrootLoops di twitter @mamakokihandal, akhirnya dapet juga di Grand Lucky.

Di resep asli, pakeknya bahan banyak banget, dan hasil akhirnya berbentuk kubus-kubus besar (squares). Karena tujuan utama saya cuman bikin 'treats' buat isi goodiebag Azwa di sekolah, jadilah saya bikin bentuknya batang panjang kecil-kecil (bars)


Ingredients:
1 Kotak Sereal Frootloops (180gr)
1 Kotak Sereal Rice Krispies (110gr)
1.5 sdm butter (mentega)
1/4 sdt garam
250gr Marshmallow putih (original)
Minyak canola/minyak sayur bersih secukupnya
loyang 35x35x2 cm
panci besar
spatula kayu besar

Directions:
1. Lumerkan Butter & Garam dalam panci besar, lalu masukkan marshmallow dan aduk-aduk sampai lumer dan tercampur diatas api sedang. Hati-hati jangan sampai gosong. Matikan api.

2. Masukkan campuran kedua sereal, aduk sampai merata.

3. Semprot.olesi loyang dengan minyak secara merata. juga oles kedua tangan dengan minyak.

4. masukkan campuran sereal ke dalam loyang, tekan-tekan sampai rata dengan tangan yang sudah dilumuri minyak hingga rata

5. tunggu 1/2 jam sampai dingin. Potong-potong dan bungkus dengan kertas minyak, lalu simpan di freezer :-)

6. Bisa dimakan begitu saja, atau dicampur ke susu menjadi sereal sarapan.

kalo nggak ada frootloops (susah dapetnya) bisa juga pakai KokoKrunch, atau sereal-sereal lain yang bentuknya puffy. Kalo pake cornflakes nggak enak, soalnya nggak krispi.


NB: snack ini muanissssssssssssssss sekali, jangan terlalu sering diberikan pada anak dan biasakan sikat gigi setelah makan makanan ( terutama yang muanisnya kayak gini :-D )


Tentang Saya

Foto Saya
d e p e z a h r i a l
seorang anak, seorang istri, seorang ibu, seorang mahasiswa, healthy baby-food enthusiast, pecinta makanan, penghuni dapur, cinta pelangi, suka bentuk bintang dan semua yang bermotif polkadots, (semoga jadi) pengusaha yogurt suksesss.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tags

??? (29) achievement (9) aku (87) amber (1) amber baltik (1) amber teething necklace (1) Anak (1) anakku (75) award (1) ayam (1) baltic amber (1) belanja (1) bento (3) Bersih (1) binatang (1) bolu (1) brownies (1) buah naga merah (1) buku (1) buku resep (1) bumbu dasar (1) bumbu inti (1) cake (4) cara membuat popcorn caramel (1) Cari Kos-kosan (1) Cari Kos-kosan Ekslusif Yang Bersih Dan Rapi Untuk Perempuan (1) carob (1) celoteh (7) choux (1) coklat (1) combrang (1) confetti bar (1) cornflakes (1) craft (4) cuisinart (1) daging (1) darina (1) dehidrasi (1) dessert (4) dessert table (1) Di Semarang (1) diy (1) doraemon (2) dulce de leche (4) dzahrial (4) Ekslusif (1) eksperimen (14) eksperimen resep (5) eskrim (2) foto (6) gadget (1) gambar (3) gandum (1) gelang (1) gelang karet (1) goodiebag (1) greentea (1) herbs (1) hewan (2) honje (1) horlicks (1) ibu (2) ice cream (2) ice cream maker (1) ikan (1) ikan lais (1) ikan salai (1) iseng (49) jual vanilla (1) kalung (1) kalung amber (1) kalung bayi tumbuh gigi amber (1) kantor (2) karamel (1) karaoke (1) karet (1) keamanan (1) kecombrang (1) keju (1) kelompok bermain (1) keluarga (1) kertaskrep (1) kesehatan (7) ketan (1) konselor MPASI (1) kopdar (1) kopi (1) kos bersih (1) kos dengan AC (1) kos ekslusif (1) kos perempuan (1) kos semarang (1) kue (2) kue keranjang (1) kukis (2) kursus (4) lagu (1) lavender infused (3) levitasihore (2) lifebuoy (1) lomba (9) macem-macem (2) madre (1) mainan (1) Majalah (2) makanan (12) makanan. (1) mamaku koki handal (2) mangga (3) marshmallow (1) martha stewart (1) masakan (1) matcha (1) Matcha Ice Cream Recipe (1) Media (5) mesin eskrim (1) milis mpasiku (7) milk jam (2) milk toffee (2) mpasi (3) my foodie experience (1) nasi (1) nasi kebuli (1) nasi kebuli mudah (1) nasi salmon (1) ngakalin (1) no knead bread (1) nyobain resep (18) party planner (1) pasaraya (1) pasta (2) pengen cerita aja (45) pengetahuan (2) percobaan (2) photoblog (13) photoslide (2) pinisi jakarta (1) pinisi pasaraya (1) pinisi playground (1) pisang (1) popcorn (1) Popcorn Butterscotch Caramel ala XXI (1) popcorn caramel (1) potty training (1) prakarya (3) radio (1) rainbow loom (1) rainbow loom indonesia (1) random (4) Rapi Untuk Perempuan (1) relawati (1) remake (1) resep (32) resep brownies favorit (1) Resep Eskrim Green Tea (1) resep eskrim. (1) resep kw (1) resep nasi kebuli mudah (1) resep remake (1) resep sambel bawang pedes (1) resep sambel pedes (1) review (8) review pinisi pasaraya (1) rosemary (1) roti (6) rubber bands (1) rujak (1) sajiansedap (2) salmon (1) salmon rice bowl (1) sambal (2) sambal ijo (1) sambel (3) sambel bawang (1) sambel bawang teri (1) sambel honje (1) sambel honje kering (1) sambel pedes (1) sate padang (1) science (1) sekolah dini (1) selai susu (1) Semarang (1) semolina (1) sereal (1) share (13) social work (1) something new (50) sourdough starter (1) steak (1) stok (1) stok bumbu dasar (1) sup krim (1) sus (1) sushi (1) syukuran (1) takoyaki (1) takoyaki keju (1) temanku (8) teri (1) tips (1) toffee (1) travelling (12) TV (2) unik (1) vanilla (1) video (1) video blog (2) vlog (18) volunteering (1) workshop (1) xxi (1) yogheart (5) zahrialfam (37)