Kamis, November 28, 2013
Yeaaa. terdengar optimis sekali yah judulnya. Harus dooong :D :D

Udah lama ya nggak meng-update blog tercintah ini, biasa lah sibuk. Sibuk makan :p

So, this update will be just a pic-blog. Kan katanya, satu gambar berjuta makna.... *hayah ngeles aje*

YES, they do exist in my life :D :D
Gapapa sih, anggep aja hiburan. Kalo nyebelin banget ya tinggal sikat *ambil sikat WC*

OH YEAH! Naik 90.000 ORGANIC Followers dalam 3 bulan! 

Shin Chan itu memang berdasar kisah nyata. Ini buktinya, pembicaraan dengan si 7 tahun-ku :D

Senin, September 09, 2013
Oh yes, I MUST post this. 
My work passion has now finally CERTIFIED!

:D

Setelah 5 tahun membangun dan ngurek-ngurek milis MPASI Rumahan dan komunitas Mamaku Koki Handal, pada bulan Mei lalu aku dikasih kesempatan besar dari Kemenkes RI Direktorat Bina Gizi Keluarga Ibu & Anak untuk ikutan pelatihan fasilitator konselor MPASI. Aku bold ya.. fasilitator!
Pada saat ikut pelatihan selama 5 hari, di Bogor, jauh dari anak dan suami, tujuanku cuman 1. Semoga aku bisa ngeruk ilmu yang buanyak dari sisi lain, sisi pemerintahan dan sisi pada pelaku dinas kesehatan seluruh daerah di Indonesia.


FYI, seharusnya, kalau mau jadi fasilitator MPASI Kemenkes itu stepnya panjang, dan hanya bisa diperoleh oleh pegawai dinas terkait. Tapi sepertinya
Selasa, Juli 23, 2013
Jadi kan yah, waktu itu ada pembahasan soal roti di milis MPASI Rumahan. Udah rada lama sih... Pada ngebahas roti apa yang aman buat anak-anak. Ada yg bilang nggak pake gula ama garem (nah ini aku bingung, gimana mau bikin roti ga pake gula ama garem walo dikit? impossible), dan nggak pake telor. Nah bagian nggak pake telor tapi tetep lembut ini rada-rada bikin penasaran. Karena memang ada teknik bikin roti tetep lembut tanpa pake telor, tapi aku nggak tau persisnya digimananain selain dikasi pelembut roti  XD

Sempet denger soal roti jepang/roti taiwan yang konon bisa lembut tanpa dikasi telur tapi adonannya ada yang dimasak2 dulu apa gimana gitu. Tapi ya denger2 doang. Ga pernah pengen tau lebih jauh, lha udah seneng ama adonan resep roti manis lembut yang ini. Tapi salah satu member milis ngirim email ke inboxku, ngasih tau...
Rabu, Juli 10, 2013
Aku, Anak, selalu berselisih kalo udahurusan per-popkorn-an di XXI.
Aku seneng yang dilapis karamel, anak seneng yang asin butter.
Untungnya suami pinter, dia selalu pesenin separo-separo dalam satu wadah. Saya nggak bisa protes, apalagi anak :D

Tapi, bukan ituuuuuu yang mau aku ceritain. Berhubung sukaaa sekali sama popkorn lapis gula asin manis gurih itu, penasaran deh ama resepnya. Bisa nggak ya bikin sendiri?

Browsing-browsing dapet resep dari FoodNetwork, oke banget deh ini resep. Tapi ada yang bikin aku belom puasssssss. Aku pengen rasa susu yang enak! Jadi aku nyoba untuk oprek dikit dari resep orisinilnya dengan nambahin.... SUSU KENTAL MANIS PUTIH :D

Minggu, Juni 23, 2013
Well.. sepertinya anak 6 tahun ini sekarang sudah bisa ngasih penilaian apa yang bagus dan tidak. Mana yang cantik, mana yang ganteng. Walaupun temennya di kebanyakan cowok, tapi dia bisa tetep ngebedain mana yang lebih kece dari lainnya ... hahahhaaa...


Aku lupa mulainya percakapannya dari mana. Tapi tau-tau kita jadi ngebahas A, anak cowok tetangga seumuran dia (kurlebnya). Tau-tau dia bilang:
Senin, Juni 03, 2013
Semalam,
Udah jam 20.30 wib. Anak udah disuruh masuk kamar buat tidur, emak bapaknya nontonin final The Voice Indonesia. Gak berapa lama, anaknya keluar, njerit sambil nangis ketakutan, tersedu-sedu sampe keluar air mata. 
Widih.. kenapa ni anak? Jarang-jarang nangis sampe berlinangan air mata, sesenggukan...
"Huhuhuuuu... Ibuuu... Ibuuu...tadi.. tadi aku kan pegang gigiku... gigiku sakit, gigiku goyang-goyaaaaaaaangggggg.... Huaaaaa.... nanti copoooooootttt...!!!"
Hoooooo....
Langsung tak peluk anake, ibunya emang dodol sih. Cuman ngebatin doang dalam hati "Ini anak udah mau 7 tahun, kok gigi susunya masih nongkrong aja... Kapan ya, gigi susu anakku pada copot". Alhasil anake nggak tau, bahwa giginya dia yang sekarang itu bakal copot dan ganti gigi baru.
"Wa, itu bagus lho. Artinya gigi susu kamu mau ganti jadi gigi orang gede kaya giginya Ibu ama Bapak"
"Tapi, aku kan masih suka minum susuuuu...."
"Nggggg... Ya bukan gitu sih *bingung*.
Senin, Mei 06, 2013
hmmm...

ini postingan yang rada sedih sebenernya. aku ga suka berbagi kesedihan, tapi ini kalo ga ditumplekin di tulisan kok aku ngerasa jadi nggak waras XD.

Aku pernah kehilangan adeknya Wawa saat umurnya baru sekitar 11 minggu di perut. Tiba-tiba aja berdarah-darah dan keluar (dan bersisa) sehingga waktu itu di kuret pake acara bius-biusan. Walau rasanya nyesek banget nget nget karena super gondok ama dokternya, RSnya, tenaga medisnya (i will NEVER go back there, pret!), but I'm really trying to move on walaupun sekarang pun kadang kalo liat temen yang seangkatan hamilnya sama si adek, suka sedihhhhhhhhh gimana gitu. Seharusnya aku lagi gendong bayi lucu umur 2-3 bulan saat ini. Diagnosanya janin berhenti berkembang, kenapa-nya? well.. aku nggak periksa sih. Cuman DSOG-nya bilang kemungkinan besar kromosomnya ga lengkap, jadi dia nggak bisa berkembang wajar. 1st time miscarriage yang ternyata sesek banget ya (*_*), udah dengerin suara detak jantung (yang trus kemudian setelah keguguran disangkal dan dibilang cuman suara desiran darah plasenta, pret ah lu Dok. Emangnya gw bodo?), tau-tau byar keluar. Allah tahu yang terbaik.

Dan beberapa bulan setelah kuretase itu, akika hamil lagi :D hahahahaa... Bahagia?
Sabtu, April 27, 2013
Ini project relawati untuk Cerdas Foundation beberapa tahun lalu, I was the storyline writer :D
Baru nemu lagi videonya (seri 1, ada 2 seri), yang versi bahasa Inggris (mana ya yang bahasa Indonesia?)

Thanks to temen lulusan UI (Universitas Indosiar XD) - M. Fauzi - yang udah nantangin begini:

"Dep, gw ada project volunteering buat raising donation anak-anak cerdas yang nggak mampu lanjutin sekolah. Lo bisa ga bikin storyline yang menyentuh soal anak ini?" *nyorongin data dan fakta soal Lusia*

"Mmmm.... BISA!"

Abis itu mumet... XD

Ketemu juga belom pernah, cuman baca background tujuan foundation dan ndengerin cerita soal si Lusia. But we made it! Ini seri 1-nya... lagi berusaha cari seri-2 nya. Seri 2 bikin aku nangis bahkan saat nulis skenario-nya :D :D emang sakjano peman cengeng... Fauzi kece banget ngewujudin ceritaku jadi gambar-gambar yang... marai nangis.. *mewek maning*

Abis itu, secara mengejutkan "digaji" sama Jessica Na (produser video ini) dengan sebuah buku Bento yang sampe sekarang berguna banget! Jauh lebih berharga daripada uang deh! :D

Enjoy...

Sebetulnya tujuan awalnya nyari lirik lagu "Shine Bright Like A Diamond" buat sambil nyanyi sambil nyanyi bareng KakaWawa di Youtube. Eh ada iklan gitu di awalnya, nggak kuasa skip karena ada narasi yang menerangkan bahwa ada seorang "FBI Trained Forensic Artist" bernama Gil Zamora. Baca kata "FBI" dan "forensik" langsung berenti niat mau skip ads.  *penggila forensik*
Penasaran, dia mau nyeketsa apaan?

Dari awal saya hanya merhatiin video dan narasinya, ga pernah mikir ini iklan... Dan di akhir video (yang lama banget itu), tau-tau udah ngusep air mata *cengeng*

Kamu gimana?



Gile, creative/copywriter iklan Dove yang versi ini mau aku kasih piala! JUARA idenya dan penyampaian message-nya! KUDOS!

(pesan tulus dari pemakai beauty range Dove original, enggak ngebuzz :D :D :D)

Minggu, Maret 17, 2013
Yeaaaa.... Nggak terlalu "mad" juga sih :-p

Sebenernya udah dr tanggal 10 Februari beli si tepung semolina ini di Foodhall. Waktu beli juga gatau mau diapain, ya emang impulsive buying gitu lah... Khas emak-emak kalo lagi banyak duit *pretttt* *aamiin* hahaha....

Ya udah, abis beli karena browsing cara bikin pasta kok megahi ( karena harus diuleni, dan digiles sementara alat penggiles lupa simpen di mana). Yawes, didiemin dan disimpan aja. Sampai suatu saat (kemaren) pengen bianget bikin kukis. Browsing-browsing soal kukis semolina, ternyata nemu "Sugee Cookies" di food.com. Sugee (bacanya: suji) ini ternyata
Jumat, Maret 08, 2013
Hihihi... ga kerasa...

Rabu, Maret 06, 2013
Sumpe deh, ini resep yang terjadi karena bingung.

Bingung karena ada 2 bahan makanan yang harus cepet dihabiskan karena pada udah mau expired :p
Yang pertama self raising flour alias tepung swamuai, bukan tepung swalayan :p. Dan ada buah naga merah kupas yang aku bekuin buat bikin jus yang (kayaknya) udah lama banget disimpen di freezer *_*

Trus trus abis punya cetakan cupcake baru yang sumpah lucu banjet! Bentuknya kayak CUP, kayak cangkir :D Bahannya silikon gitu, dapet beli di toko Puspita Pasmod BSD. Duh kemecer pengen nyobain dong...


Minggu, Maret 03, 2013
Sebenernya nggak ngerti mau dikasi judul apa yang agak-agak lebih luwes gitu, udah nggak bisa luwes lagi. Mau cerita ini disini aja aku nunggu beberapa bulan buat nguatin hati dan mental. Pikiran bahwa akan dihakimi sebagai ibu lalai , bodoh, dan tukang menunda udah kebayang-bayang.

But the hell lah. Yang penting kalo Anda baca tulisan ini, jangan sampe keulang pada dirimu. Kalo udah baca tapi tetep kejadian. Ya noh yang diatas deh :D

Jadi gini deh, kan beberapa bulan lalu ceritanya akhirnya aku punya device android tab sendiri karena menang kontes bikin+foto bento itu. Nah Yang paling excited itu anakku, si 6 tahun yang demen ngegames (seperti ibunya :p). Di rumah ini sebenernya udah umum banget ama device berbasis android sejak jaman Galaxy Spica keluar :D jebot banget ya.... Cuman
Jumat, Februari 22, 2013
HAPAH....



Tabloid Nakita, Rubrik Tokoh dan Buah Hati, Edisi 18 - 24 Februari 2013

Tokoh...?

Wow... Predikat terhormat yang sangat berat bebannya, sodara-sodariiiiii..! :D

But hey, we looked good on camera... Didn't we? 
*kepedean abis* *itu karena kamera fotografernya pake lensa sepanjang sungai Musi kalik, Dep*

Terimakasih untuk mbak Dedeh, Kang Iman dan Mbak Iis yang berbaik hari dan bersusah payah merayu saya buat mau diwawancarai. Masih nggak pede, bok *tutup muka pake panci*

Rabu, Februari 20, 2013
Awet lho Lion Star...

Udah hampir 7 tahun! Sebelum anak wedhok lahir.
Dan inilah kurang lebih penampakan setiap pagi (dan sore) setelah digunakan untuk mandi anak wedhok :D

Ini mending cuma gayung, balon, sama sikat gigi. Kadang juga ada aneka mainan ~(‾⌣‾~) (~‾⌣‾)~

Untungnya sih, sampe sekarang belom pernah ngeramasin Barbie... Hihihihi...


Rabu, Februari 06, 2013
pesto de pohpohan :D
Kalo suka makan pasta-pasta ala Italiano, pasti tau Pesto. Pesto itu biasanya dibuat dari daun basil segar, diulek pake bawang putih dikit, kasih gerusan kacang almond/kenari/macadamia atau pine nuts lainnya, keju parmesan dan diemulsikan pake virgin olive oil. Rasanya? Kalo ga biasa sih aneh, tapi herannya aku suka :-D harum, gurih gitu lah....

Nah, kemaren gara2 di Carrefour entah kenapa daun pohpohan mure gile cuman 490 rupiah seiket. Aku tergoda buat beli agak banyak, dilalap kan enak. Haruuuuuum. Sampe rumah baru mikir....
Kamis, Januari 31, 2013
Serius deh, ini Allah kasih banyak rejeki dan pengalaman lewat tenant-tenantnya Pasaraya Blok M hahahhaaa.... Alhamdulillah!

Minggu lalu diundang main ke Pinisi, kemarin aku dateng karena undangan Kelana Rasa untuk ikutan Kelas Masak DapuRaya - foodcourt di Pasaraya Blok M - untuk belajar bikin SUSHI bareng anak! Sushi sodara sodariiiii.. makanan kesukaanku dan anakku! Big thankies pada bandar bacang uenak, kakak Ruth aka Cecep yang mengajakku ke event ini :D

DapuRaya itu adalah foodcourt di Pasaraya Blok M dengan konsep yang Indonesia banget. Sebagian besar tenant yang jualan makanan di sana merupakan makanan populer dari Sabang sampai Merauke. Ada tahu gejrot, toge goreng, es doger, tengkleng solo, ronde gardujati, kupat tahu Bandung, lontong balap, rujak cingur Pak Hadi, dst dst bisa basah keyboard karena iler kalo diterusin nyebutin makanannya. Kalo mau makanan selain makanan Nusantara juga ada kok.


Dipandu oleh mas Arie Parikesit dari Kelana Rasa (EO Kuliner) dan Chef Uki - itamae-san - dari Umaku Sushi,
Senin, Januari 28, 2013

"Nenek moyangku, seorang pelaut. 
Gemar mengarung luas samudera. 
Menerjang ombak, tiada takut!
Menempuh badai, sudah biasa!"

Itu lagu yang sepanjang perjalanan ke Pinisi Edutainment Park aku dan anakku humming sepanjang perjalanan....

Jadi ceritanya, kira-kira semingguan yang lalu aku dapat undangan "Blogger Family Gathering Writing Workshop" untuk mengunjungi Edutainment Park baru (baru dibuka 21 November 2012) yang ada di lantai 9-10 Pasaraya Blok M bernama PINISI. Waw, namanya menarik banget, langsung googling dong.
Sabtu, Januari 19, 2013
Ya.. ada bagusnya juga lah punya akun Instagram walo telat abis :D

Selain hasrat ngeliatin IGnya Syahrini terpuaskan *puas ngerenyit maksutnya*, juga bisa follow IGnya beberapa chef dan food enthusiasts yang suka posting foto masakan. Salah satunya punya Oddie Djamil, chef pastry ternama gitu deh. Di stream foto-fotonya ada foto bikin toffee dari susu kental manis.

Di captionnya dia nulis caranya "cuman" buka kaleng susu kental manis, tutup pake alufoil, rendem air panas, panggang 200 deg selama 1 jam. Ah gampang....

Nah, langsung dong pengen coba. Sayangnya aku ga teliti baca caranya. Aku ga pake air panas untuk merendam. Jadilah di 1 jam pertama nggak karamelan acan si susu... Aku lanjutin manggang selama 80 menit di 220 deg. Baru deh jadi!


Taste GOOD! Tapi manggangnya lama ya bok... mana pake oven listrik inih.... haduuu tagihan.... XD
Kamis, Januari 17, 2013
Ini resep dari bukunya Annabel Karmel hadiah dari Monica kasih ke aku. Judulnya "Baby and Toddler Meal Planner"

Sebenernya ini mac n cheese biasa, cuman bedanya kuning ama putih telurnya dipisah. Putih telur yang sudah dipisah lalu dikocok sebelum dicampur bareng saus putih untuk kemudian dicampur ke makaroninya. Kuning telurnya dicampur saat bikin saus putih supaya teksturnya lebih bagus+rasanya gurih banget!
Hasilnya emang beda ama mac n cheese regular. Yang ini ada sensasi kapes-kapes gitu :-D

Enak dah!
Selasa, Januari 15, 2013
Jadi ceritanya beberapa hari lalu, pengen bikin tater-tots. Taunya salah pilih kentang! Jadilah si tater-tots yang harusnya tetep lonjong-lonjong saat digoreng malah buyarrrrrrrr!

Untungngya belom semua digoreng, jadi sebagian besar kentang tumbuknya masih aman. Bingung deh dibikin apa. Trus coba cari resep di Aplikasi Masak Apa dehhh... Eh ada resep Kentang Bakar yang pake kentang tumbuk itu.


Oprek-oprek dikit, tambahin telor utuh di atas kentangnya jadi deh! Ini tampak atasnya... :D


Kalau mau tau resepnya, tinggal unduh aja Aplikasi MasakApa di GooglePlay ajaaaaa :D Postingan ini juga dibuat untuk ikutan event #BloggerJagoanMasak yang diselenggarakan @AppMasakApa. Semoga menaaangggg...!

my old Puma sneakers... love them!

Rabu, Januari 09, 2013
Catatan:
Saya mendapatkan tulisan ini dari SMS (iya, serius, SMS.. ibu saya ga bisa BBM, chatting atau apa) yang dikirimkan Ibu pada saya. Dia juga dapat dari temannya... Saya nggak tau siapa yang menulis ini, laki-laki atau perempuan, tapi jika ada temen-temen yang kebetulan kesandung baca dan tau ini kutipan dari buku/tulisan siapa, mohon infonya yah...

*Istighfar... Usap air mata*

-----

Mengapa ridha suami itu adalah surga bagimu wahai para istri :
Kamis, Januari 03, 2013

beberapa foto hasil iseng tahun lalu....


everyone poops... *including you.. yes.. YOU*
:D


melting choc from my homemade fresh from the oven buns... irresistible...
*jilat*
Selasa, Januari 01, 2013

Blog archive

Tentang Saya

Foto Saya
d e p e z a h r i a l
seorang anak, seorang istri, seorang ibu, seorang mahasiswa, healthy baby-food enthusiast, pecinta makanan, penghuni dapur, cinta pelangi, suka bentuk bintang dan semua yang bermotif polkadots, (semoga jadi) pengusaha yogurt suksesss.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tags

??? (29) achievement (9) aku (87) amber (1) amber baltik (1) amber teething necklace (1) Anak (1) anakku (75) award (1) ayam (1) baltic amber (1) belanja (1) bento (3) Bersih (1) binatang (1) bolu (1) brownies (1) buah naga merah (1) buku (1) buku resep (1) bumbu dasar (1) bumbu inti (1) cake (4) cara membuat popcorn caramel (1) Cari Kos-kosan (1) Cari Kos-kosan Ekslusif Yang Bersih Dan Rapi Untuk Perempuan (1) carob (1) celoteh (7) choux (1) coklat (1) combrang (1) confetti bar (1) cornflakes (1) craft (4) cuisinart (1) daging (1) darina (1) dehidrasi (1) dessert (4) dessert table (1) Di Semarang (1) diy (1) doraemon (2) dulce de leche (4) dzahrial (4) Ekslusif (1) eksperimen (14) eksperimen resep (5) eskrim (2) foto (6) gadget (1) gambar (3) gandum (1) gelang (1) gelang karet (1) goodiebag (1) greentea (1) herbs (1) hewan (2) honje (1) horlicks (1) ibu (2) ice cream (2) ice cream maker (1) ikan (1) ikan lais (1) ikan salai (1) iseng (49) jual vanilla (1) kalung (1) kalung amber (1) kalung bayi tumbuh gigi amber (1) kantor (2) karamel (1) karaoke (1) karet (1) keamanan (1) kecombrang (1) keju (1) kelompok bermain (1) keluarga (1) kertaskrep (1) kesehatan (7) ketan (1) konselor MPASI (1) kopdar (1) kopi (1) kos bersih (1) kos dengan AC (1) kos ekslusif (1) kos perempuan (1) kos semarang (1) kue (2) kue keranjang (1) kukis (2) kursus (4) lagu (1) lavender infused (3) levitasihore (2) lifebuoy (1) lomba (9) macem-macem (2) madre (1) mainan (1) Majalah (2) makanan (12) makanan. (1) mamaku koki handal (2) mangga (3) marshmallow (1) martha stewart (1) masakan (1) matcha (1) Matcha Ice Cream Recipe (1) Media (5) mesin eskrim (1) milis mpasiku (7) milk jam (2) milk toffee (2) mpasi (3) my foodie experience (1) nasi (1) nasi kebuli (1) nasi kebuli mudah (1) nasi salmon (1) ngakalin (1) no knead bread (1) nyobain resep (18) party planner (1) pasaraya (1) pasta (2) pengen cerita aja (45) pengetahuan (2) percobaan (2) photoblog (13) photoslide (2) pinisi jakarta (1) pinisi pasaraya (1) pinisi playground (1) pisang (1) popcorn (1) Popcorn Butterscotch Caramel ala XXI (1) popcorn caramel (1) potty training (1) prakarya (3) radio (1) rainbow loom (1) rainbow loom indonesia (1) random (4) Rapi Untuk Perempuan (1) relawati (1) remake (1) resep (32) resep brownies favorit (1) Resep Eskrim Green Tea (1) resep eskrim. (1) resep kw (1) resep nasi kebuli mudah (1) resep remake (1) resep sambel bawang pedes (1) resep sambel pedes (1) review (8) review pinisi pasaraya (1) rosemary (1) roti (6) rubber bands (1) rujak (1) sajiansedap (2) salmon (1) salmon rice bowl (1) sambal (2) sambal ijo (1) sambel (3) sambel bawang (1) sambel bawang teri (1) sambel honje (1) sambel honje kering (1) sambel pedes (1) sate padang (1) science (1) sekolah dini (1) selai susu (1) Semarang (1) semolina (1) sereal (1) share (13) social work (1) something new (50) sourdough starter (1) steak (1) stok (1) stok bumbu dasar (1) sup krim (1) sus (1) sushi (1) syukuran (1) takoyaki (1) takoyaki keju (1) temanku (8) teri (1) tips (1) toffee (1) travelling (12) TV (2) unik (1) vanilla (1) video (1) video blog (2) vlog (18) volunteering (1) workshop (1) xxi (1) yogheart (5) zahrialfam (37)