Minggu, Mei 17, 2015
Whoaaa...

Akhirnya World Baking Day tiba!
Setelah minggu yang melelahkan karena anak masuk RS, gagal liburan dan berbagai kehebohan lainnya, akhirnya aku bisa juga nge-baking di dapur. Rasanya tuh menenangkan banget kalau bisa masak-masak atau bikin kue saat stress gini (happy tears). Ternyata ini bukan teori sotoyku aja. Menurut Emma Kenny, seorang psikolog dari UK sono bilang gini:
“Baking is therapeutic. As well as producing delicious treats for loved ones, it offers an opportunity to be mindful and gives us a dedicated space for creativity to flourish – a real bonus for our mental wellbeing."
Yaaa.. Memang sih. Buat saya sendiri, masuk dapur, masak atau bikin kue-kue buat keluarga itu rasanya emang melegakan :D Perkara ntar
Jumat, Mei 08, 2015
Yuhuuuuu...

Aku kembali, saudara-saudari! Kali ini aku kembali dengan sebuah misi :D
Jadi beberapa waktu lalu, aku ngeliat ada sebuah kampanye yang lucu. Hahhahaa! Iya lucu, kreatif dan bikin aku berliur karena di tanggal 17 Mei nanti akan ada "World Baking Day" alias "Hari Bikin Kue Sedunia"!

Ini adalah hari dimana kamu bisa pledge yourself to bake a cake for special person!


Sebagai mamak-mamak yang doyan makan masak membuat kue walaupun masih di level amateur, aku pengen menciptakan (cieile) sebuah kue yang lembut, manis, dan bikin bahagia yang makan!

Terinspirasi dari Tres Leches Cake, aku akan membuat.......

"Cake Lavender Dulce de Leche"

La La Lavender Flowers!
It actually a kind tres leches cake, but instead of using a regular sweet condesed milk I will be using Lavender Dulce de Leche. Seperti yang sodara-sodari ketahui, saya ini demen banget kalo disuruh bikin DDL alias milk jam. Dan kebetulan aku lagi punya stok dried food grade lavender dapet nitip dari my friend Amy yang rela dititipin belanjaan aneh-aneh waktu dia jalan-jalan ke Singapur.
Dia lho yang nawarin, "Dep, aku mau ke Singapur. Mau ke toko Mustafa. Kamu mau titip apa?"
Ya ampuuuuuuun, rasanya tuh antara bahagia dan nggak percaya ada yang nawarin begini :D :D

Hence, I pledge to bake this cake for her!

Ini dia resepnya!

Cake Lavender Dulce De Leche
@depezahrial
200 gr tepung serbaguna (aku pakai Kunci Biru)
5 gr baking powder
115 gr margarin (aku pakai Blue Band Cake & Cookies)
100 gr gula pasir, tambahkan sejumput lavender kering dan proses di dry mill.
5 telur ukuran sedang
1 sdt parutan kulit lemon/lemon zest
1 sdt pasta vanilla (aku bikin sendiri pasta vanillanya :D)
my homemade vanilla paste

500 susu plain cair
1 Kaleng Lavender Dulce De Leche (Cara buatnya cek di SINI)

Topping:
1 kotak kecil whipped cream
1 sdm gula halus
1 sdt pasta vanilla

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180 dercel, lapisi loyang dengan kertas kukis supaya nggak lengket
2. Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
3. Kocok margarin dan gula sampai krimi, tambahkan telur satu persatu dan juga pasta vanilla plus lemon zest.
4. Masukkan campuran terigu dan baking powder ke bahan basah sambil diaduk sampai rata.
5. Masukkan dalam loyang, panggang sampai matang kurang lebih 30 menitan lah.
6. Setelah matang, dinginkan kue, lalu tusuk-tusuk dengan garpu.
7. Campur susu cair, lavender dulce de leche sampai rata. Saring supaya lavender keringnya nggak ikutan ketuang.
8. Siram campuran susu ke cake.
9. Dinginkan kue. Kuenya akan kapes-kapes dan nyamiii!
10. Sebelum disajikan, kocok whip cream, gula halus dan vanilla lalu oles di atas kue.

NYAMMMMM!!!

Foto hasil jadinya nanti yaaaaa, pas tanggal 17 Mei, tepat pada World Baking Day!
(update 17/5/15, silakan KLIK DISINI untuk cek cerita World Baking Day-ku)

Buat yang lain, ayo ikutan meramaikan Hari Bikin Kue Sedunia ini juga yuk! Ada Facebook, Twitter, Instagram-nya juga. Jangan lupa pake tagar #WorldBakingDay, yah! :D

So, who will you bake for?


“This post has been sponsored by Blue Band, but all thoughts are my own”.
Senin, Mei 04, 2015
La La Lavender Flowers!
Bahagia tidak terkira waktu akhirnya bisa dapet bunga lavender kering buat masak-masak ini. Temenku gombal-gambul masalah masakan - si Amy- yang tiba-tiba dengan baik hati nawarin apakah aku pengen nitip beli sesuatu di Mustafa Singapur. Yah, lha temennya yang nggak tahu diri ini langsung 'njerit' pengen cariin bunga lavender kering dong. (Sekalian ngirim duit tentunya, saya penitip yang tahu diri :D)

Akhirnya datanglah si Uncle Cook ini. Lumayan mahal sih, sekitar SGD 5.5 satu pak isi 50 gr. TAPI, 50 gram bunga lavender kering itu BANYAK sodara sodari. Mana makenya dikit doang udah kemana-mana wanginya. Kalo kebanyakan justru bikin pusing.

Nah, karena nggak tau mau diapain, Paling gampang kan buat ditambahin ke dalam teh, susu putih anget gitu-gitu aja. Sampai akhirnya kepikiran buat bikin milk jam alias dulce de leche aroma lavender!

Bikinnya gampil! Btw, aku udah nggak mau bikin milk jam pake cara nyemplungin atau manggang bersama kalengnya kayak yang pernah kulakukan ini. Ada kekhawatiran lining BPA di dalam kaleng bakal nyesep ke produk jadi kalo dipanasin dan ini termasuk karsinogen. I wouldn't do that anymore!
siap dimasukkan ke dalam slow cooker
Bahan:
1 Kaleng susu kental manis
Sejumput kecil lavender buds/lavender kering (pastiin cari yang food grade)
Cara membuat:
1. Semua susu dikosongin, pindahin ke toples kaca tahan panas (aku pakenya Mason Jar karena udah certified bebas BPA)
2. Lemparkan bunga lavender ke dalam susu kental kentul manis, aduk sebentar. Tutup rapat toples.
3. Cemplungkan dalam slowcooker , tambahkan air sebatas tutup toples. Jangan kerendem ya tutupnya.
4. Lebih asik dibikinnya jam 10 malam, setting di LOW. Nanti jam 5 pagi, bangun solat subuh kamu udah dapet milk jam yang hmmmmmmm! (asal ngga lupa nancepin ke listrik ye)
Jadi deh!
Hmmm.. mau dibikin apaaaa yaaa... udah mau World Baking Day iniiiihhh... Bikin apa dooong?

*lalu bingung*


Tentang Saya

Foto Saya
d e p e z a h r i a l
seorang anak, seorang istri, seorang ibu, seorang mahasiswa, healthy baby-food enthusiast, pecinta makanan, penghuni dapur, cinta pelangi, suka bentuk bintang dan semua yang bermotif polkadots, (semoga jadi) pengusaha yogurt suksesss.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tags

??? (29) achievement (9) aku (87) amber (1) amber baltik (1) amber teething necklace (1) Anak (1) anakku (75) award (1) ayam (1) baltic amber (1) belanja (1) bento (3) Bersih (1) binatang (1) bolu (1) brownies (1) buah naga merah (1) buku (1) buku resep (1) bumbu dasar (1) bumbu inti (1) cake (4) cara membuat popcorn caramel (1) Cari Kos-kosan (1) Cari Kos-kosan Ekslusif Yang Bersih Dan Rapi Untuk Perempuan (1) carob (1) celoteh (7) choux (1) coklat (1) combrang (1) confetti bar (1) cornflakes (1) craft (4) cuisinart (1) daging (1) darina (1) dehidrasi (1) dessert (4) dessert table (1) Di Semarang (1) diy (1) doraemon (2) dulce de leche (4) dzahrial (4) Ekslusif (1) eksperimen (14) eksperimen resep (5) eskrim (2) foto (6) gadget (1) gambar (3) gandum (1) gelang (1) gelang karet (1) goodiebag (1) greentea (1) herbs (1) hewan (2) honje (1) horlicks (1) ibu (2) ice cream (2) ice cream maker (1) ikan (1) ikan lais (1) ikan salai (1) iseng (49) jual vanilla (1) kalung (1) kalung amber (1) kalung bayi tumbuh gigi amber (1) kantor (2) karamel (1) karaoke (1) karet (1) keamanan (1) kecombrang (1) keju (1) kelompok bermain (1) keluarga (1) kertaskrep (1) kesehatan (7) ketan (1) konselor MPASI (1) kopdar (1) kopi (1) kos bersih (1) kos dengan AC (1) kos ekslusif (1) kos perempuan (1) kos semarang (1) kue (2) kue keranjang (1) kukis (2) kursus (4) lagu (1) lavender infused (3) levitasihore (2) lifebuoy (1) lomba (9) macem-macem (2) madre (1) mainan (1) Majalah (2) makanan (12) makanan. (1) mamaku koki handal (2) mangga (3) marshmallow (1) martha stewart (1) masakan (1) matcha (1) Matcha Ice Cream Recipe (1) Media (5) mesin eskrim (1) milis mpasiku (7) milk jam (2) milk toffee (2) mpasi (3) my foodie experience (1) nasi (1) nasi kebuli (1) nasi kebuli mudah (1) nasi salmon (1) ngakalin (1) no knead bread (1) nyobain resep (18) party planner (1) pasaraya (1) pasta (2) pengen cerita aja (45) pengetahuan (2) percobaan (2) photoblog (13) photoslide (2) pinisi jakarta (1) pinisi pasaraya (1) pinisi playground (1) pisang (1) popcorn (1) Popcorn Butterscotch Caramel ala XXI (1) popcorn caramel (1) potty training (1) prakarya (3) radio (1) rainbow loom (1) rainbow loom indonesia (1) random (4) Rapi Untuk Perempuan (1) relawati (1) remake (1) resep (32) resep brownies favorit (1) Resep Eskrim Green Tea (1) resep eskrim. (1) resep kw (1) resep nasi kebuli mudah (1) resep remake (1) resep sambel bawang pedes (1) resep sambel pedes (1) review (8) review pinisi pasaraya (1) rosemary (1) roti (6) rubber bands (1) rujak (1) sajiansedap (2) salmon (1) salmon rice bowl (1) sambal (2) sambal ijo (1) sambel (3) sambel bawang (1) sambel bawang teri (1) sambel honje (1) sambel honje kering (1) sambel pedes (1) sate padang (1) science (1) sekolah dini (1) selai susu (1) Semarang (1) semolina (1) sereal (1) share (13) social work (1) something new (50) sourdough starter (1) steak (1) stok (1) stok bumbu dasar (1) sup krim (1) sus (1) sushi (1) syukuran (1) takoyaki (1) takoyaki keju (1) temanku (8) teri (1) tips (1) toffee (1) travelling (12) TV (2) unik (1) vanilla (1) video (1) video blog (2) vlog (18) volunteering (1) workshop (1) xxi (1) yogheart (5) zahrialfam (37)