Minggu, Maret 03, 2013
Sebenernya nggak ngerti mau dikasi judul apa yang agak-agak lebih luwes gitu, udah nggak bisa luwes lagi. Mau cerita ini disini aja aku nunggu beberapa bulan buat nguatin hati dan mental. Pikiran bahwa akan dihakimi sebagai ibu lalai , bodoh, dan tukang menunda udah kebayang-bayang.

But the hell lah. Yang penting kalo Anda baca tulisan ini, jangan sampe keulang pada dirimu. Kalo udah baca tapi tetep kejadian. Ya noh yang diatas deh :D

Jadi gini deh, kan beberapa bulan lalu ceritanya akhirnya aku punya device android tab sendiri karena menang kontes bikin+foto bento itu. Nah Yang paling excited itu anakku, si 6 tahun yang demen ngegames (seperti ibunya :p). Di rumah ini sebenernya udah umum banget ama device berbasis android sejak jaman Galaxy Spica keluar :D jebot banget ya.... Cuman
akhirnya yang pake dan ganti-ganti gajet ini cuman bapake doang. Ibunya males. Begitu dapet G-Tab gretongan, bahagialah ibu dan anak ini. Diinstall aneka games dan aplikasi corat-coret kesukaan anak (dan ibu.. ffufuufu...)

Dari pertama saya pegang barang dan lihat isinya, aku bingung.. Kenapa app Youtube nggak bisa diilangin. Terus terang, aku ngeri ama aplikasi bawaan yang satu ini. Ini kalo salah klik aja, anak kecil bisa lihat hal yang seharusnya nggak mereka lihat, you know what I mean kan? Aku coba nanya ama suami gimana cara ngilangin aplikasi itu atau ngunci deh, nggak tau kenapa kok jawabannya "itu harus di root dulu". Yah bok, eke males dong kalo suru ngeroot sendiri. Suami baru bisa pas luang aja. Yah... udah lah nanti aja, toh anak kalo pegang tab selalu ada aku.

Sampe suatu hari aku rasanya kayak mau sesek napas, nangis, kesel, nyesel, saking ngerasa begonya kayak otak ditinggal di dalem peti trus petinya ditendang ke laut. Totally brainless!

Jadi waktu itu anak pegang tab,main plant vs zombies di sofa, seingetku aku nulis di komputer di sebelahnya. Asik banget ngetik dan nulis, sampe rada lama aku batru nyadar kenapa anak ini kok sunyi banget. Biasanya berisik kalo main game. Pas aku berpaling ngeliat dia, nanya:

"Kamu lagi main apa?"

Tiba-tiba tabnya dikunci dan ditinggal, dia lari ke kamar.

DEG!

Sumpah curiga!

Aku buka kuncinya, YAH DIA LIAT GAMBAR ORANG CIUMAN DI YOUTUBE!

SIYAAALLLLLL.... Emak begoooooooo....!!!!

Aku beneran rasanya syok. Dan sibuk mengutuk diri sendiri kok nggak caritau sendiri gimana caranya removing apps atau at least locking it!

Anak nangis, dia udah tau kalo dia lihat yang belom boleh dilihat. Aku berusaha nahan nada suara supaya nggak panik dan marah *aslinya sih panik banget* lalu nanya baik-baik... Nggak mungkin bentak-bentak marah, anaknya bisa ketakutan dan malah bohong...


"wawa, tadi liat apa?"
"aku liat vidio plen vs zombie,,,," nunduk, dia bohong..."wawa, ibu nggak akan marahin kalo kamu jujur, tapi kalo kamu bohong, ibu nggak suka lho" *tarik napas melulu, mau nangis sendiri rasanya*"....... aku tadi tu liat video plant vs zombie di youtube", dia masih bohong, mau nangis"ibu tau kamu bohong, orang ibu liat kamu buka apa di youtube.... ayok bilang yang jujur..."
" *mulai sesenggukan* aku tadi liat vidio orang ciuman....", akhirnya dia jujur."Kok bisa?" Pertanyaan supertolol dari ibu oon, ya iya lah"Iya tau-tau aku klik trus ada gitu..."
"Wawa, wawa tau ndak.. itu kan videonya buat ibu-ibu dan bapak-bapak... Kamu belom boleh lihat kan?"
"huhuhu.. iyaa..."
"Kamu ngecilin suaranya,, artinya kamu takut ketahuan kan? kamu tau kalo itu nggak boleh ya kan?"
"huhuhu.. iyaaa..."
"Itu artinya kamu bohong sama ibu.... trus gimana nih?"
"aku minta maaf ya, bu..."
"nulis surat perjanjian nggak boleh buka youtube lagi ya...?"
"...."
"hey, ibu ngomong ama kamu... nulis surat perjanjian yah?"
"iya ibu..."

INI... ini lho sinting dan jahatnya youtube. Keywordnya itu ya sekedar keyword. Dan nggak nyalahin youtube juga, siapa yang bisa nyaring-memilah secara instan keselarasan antara ISI dan KEYWORD? Anak kecil mana nyangka kalo keyword plant vs zombie bisa mbawa ke orang ciuman.

AKU LALAI. Aku nggak segera cari tau cara ngunci aplikasi itu atau menghilangkannya!

Iseng aku nyari di Android Market dengan keyword application lock... LAH ADA LHO!!!! Hadoooooooooohhh.. nyeselnya setengah matek. Lemot kok dipiara, Dep!
ini, namanya App Lock. FREE!
Di menu dalemnya tinggal pilih aplikasi apa yang mau dilock. Nanti akan disuruh set passwordnya.


di setiap aplikasi yang dikunci, sebelum masuk harus nulis dulu passwordnya. Ini jaga aja supaya anak nggak tau passwordnya, soalnya nggak ada opsi mengubah password. atau aku aja ya yang belom nemu *_*

ini lho yang aku maksud dengan surat perjanjian.....


Dan akhirnya, aku minta dia untuk nulis surat perjanjian. Aku cuma akan suruh dia nulis ini kalo masalahnya sudah severe. Sejauh ini, dia punya 2 surat perjanjian yang ditempel di tembok kamarnya :D :D Yang sebelumnya ini, isinya janji bangun pagi dan nggak terlambat berangkat sekolah. Dan dia komit lho. Satu hal yang aku bangga dari anak umur 6 tahun ini, kalo dia udah berjanji, dia akan berusaha untuk nggak melanggar. Apalagi kalo emang dia salah. Ih tertib banget jadinya =)))
Kapan-kapan aku akan cerita deh soal sistem perjanjian ini, ntar jangan-jangan gedenya dese jadi notaris lagih =)))))

Ya, itulah cerita saya. Udah pasrah deh mau dikatain ibu macam apa aku. Intinya sih, soal gadget security ini emang emaknya harus well informed dan nggak menunda-nunda. Dan, kalo anak lagi maen ngawasinnya nggak boleh sambil nyambiiiiiiiiiiiiii... Hadoh *jambak rambut*

Semoga nggak kejadian pada dirimu yah. Take care :)

5 komentar:

alfakurnia mengatakan...

Maaaak, youtube sama google itu momok juga buat aku secara anake sudah bisa searching sendiri dan aku nggak selalu bisa nemenin dia tiap main gadget. Alhamdulillah sih belum kejadian kaya Wawa karena tapi aku mau banget install aplikasi ini buat jaga-jaga. Makasih yaaaa

d e p e z a h r i a l mengatakan...

iya, google juga haduh banget. makanya pas udah pasang app ini, langsung taklock tuh browser.

Bunda Kanaya mengatakan...

menyimak dengan seksama mbak.. bisa jadi pelajaran buat aku nih....

d e p e z a h r i a l mengatakan...

apapun gajetnya, Bunda. Untuk aplikasi seperti Youtube, Browser sebaiknya dikunci. Tiap gajet pasti ada aplikasi/perangkat untuk locking apps kok...

Jangan sampe kejadian kayak aku, gondok banget !

d e p e z a h r i a l mengatakan...

apapun gajetnya, Bunda. Untuk aplikasi seperti Youtube, Browser sebaiknya dikunci. Tiap gajet pasti ada aplikasi/perangkat untuk locking apps kok...

Jangan sampe kejadian kayak aku, gondok banget !

Daisypath - Personal pictureDaisypath Anniversary tickers
Lilypie Maternity tickers

Tentang Saya

Foto Saya
d e p e z a h r i a l
seorang anak, seorang istri, seorang ibu, seorang mahasiswa, healthy baby-food enthusiast, pecinta makanan, penghuni dapur, cinta pelangi, suka bentuk bintang dan semua yang bermotif polkadots, (semoga jadi) pengusaha yogurt suksesss.
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Tags

??? (29) achievement (9) aku (87) amber (1) amber baltik (1) amber teething necklace (1) Anak (1) anakku (75) award (1) ayam (1) baltic amber (1) belanja (1) bento (3) Bersih (1) binatang (1) bolu (1) brownies (1) buah naga merah (1) buku (1) buku resep (1) bumbu dasar (1) bumbu inti (1) cake (4) cara membuat popcorn caramel (1) Cari Kos-kosan (1) Cari Kos-kosan Ekslusif Yang Bersih Dan Rapi Untuk Perempuan (1) carob (1) celoteh (7) choux (1) coklat (1) combrang (1) confetti bar (1) cornflakes (1) craft (4) cuisinart (1) daging (1) darina (1) dehidrasi (1) dessert (4) dessert table (1) Di Semarang (1) diy (1) doraemon (2) dulce de leche (4) dzahrial (4) Ekslusif (1) eksperimen (14) eksperimen resep (5) eskrim (2) foto (6) gadget (1) gambar (3) gandum (1) gelang (1) gelang karet (1) goodiebag (1) greentea (1) herbs (1) hewan (2) honje (1) horlicks (1) ibu (2) ice cream (2) ice cream maker (1) ikan (1) ikan lais (1) ikan salai (1) iseng (49) jual vanilla (1) kalung (1) kalung amber (1) kalung bayi tumbuh gigi amber (1) kantor (2) karamel (1) karaoke (1) karet (1) keamanan (1) kecombrang (1) keju (1) kelompok bermain (1) keluarga (1) kertaskrep (1) kesehatan (7) ketan (1) konselor MPASI (1) kopdar (1) kopi (1) kos bersih (1) kos dengan AC (1) kos ekslusif (1) kos perempuan (1) kos semarang (1) kue (2) kue keranjang (1) kukis (2) kursus (4) lagu (1) lavender infused (3) levitasihore (2) lifebuoy (1) lomba (9) macem-macem (2) madre (1) mainan (1) Majalah (2) makanan (12) makanan. (1) mamaku koki handal (2) mangga (3) marshmallow (1) martha stewart (1) masakan (1) matcha (1) Matcha Ice Cream Recipe (1) Media (5) mesin eskrim (1) milis mpasiku (7) milk jam (2) milk toffee (2) mpasi (3) my foodie experience (1) nasi (1) nasi kebuli (1) nasi kebuli mudah (1) nasi salmon (1) ngakalin (1) no knead bread (1) nyobain resep (18) party planner (1) pasaraya (1) pasta (2) pengen cerita aja (45) pengetahuan (2) percobaan (2) photoblog (13) photoslide (2) pinisi jakarta (1) pinisi pasaraya (1) pinisi playground (1) pisang (1) popcorn (1) Popcorn Butterscotch Caramel ala XXI (1) popcorn caramel (1) potty training (1) prakarya (3) radio (1) rainbow loom (1) rainbow loom indonesia (1) random (4) Rapi Untuk Perempuan (1) relawati (1) remake (1) resep (32) resep brownies favorit (1) Resep Eskrim Green Tea (1) resep eskrim. (1) resep kw (1) resep nasi kebuli mudah (1) resep remake (1) resep sambel bawang pedes (1) resep sambel pedes (1) review (8) review pinisi pasaraya (1) rosemary (1) roti (6) rubber bands (1) rujak (1) sajiansedap (2) salmon (1) salmon rice bowl (1) sambal (2) sambal ijo (1) sambel (3) sambel bawang (1) sambel bawang teri (1) sambel honje (1) sambel honje kering (1) sambel pedes (1) sate padang (1) science (1) sekolah dini (1) selai susu (1) Semarang (1) semolina (1) sereal (1) share (13) social work (1) something new (50) sourdough starter (1) steak (1) stok (1) stok bumbu dasar (1) sup krim (1) sus (1) sushi (1) syukuran (1) takoyaki (1) takoyaki keju (1) temanku (8) teri (1) tips (1) toffee (1) travelling (12) TV (2) unik (1) vanilla (1) video (1) video blog (2) vlog (18) volunteering (1) workshop (1) xxi (1) yogheart (5) zahrialfam (37)